5 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

5 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

Manfaat latihan kebugaran jasmani bisa anda peroleh dengan sangat mudah jika anda rutin dalam berolahraga. Latihan kebugaran jasmani itu sendiri merupakan latihan fisik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani tentu kesehatan anda akan tetap terjaga, bahkan sistem kekebalan tuuh juga akan meningkat.

Beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan seperti lari pagi atau jongging, jalan kaki, dan lain sebagainya. Pada kali ini akan dijelaskan mengenai 6 manfaat latihan kebugaran jasmani yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

Apa Saja 6 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani?

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat pertama latihan kebugaran jasmani adalah meningkatkan kesehatan tulang. Bergeraknya tubuh secara bebas dan aktif melatih otot dan sendi agar tidak kaku. Hal ini sangat berpengaruh bagi kesehatan, melakukan latihan kebugaran jasmani berfungsi untuk membantu kesehatan tulang.

Selain itu, dengan latihan penguatan otot, aerobik, dan latihan ketahanan dapat membantu menguatkan tulang dan dapat mencegah osteoporosis di kemudian hari.

  1. Kadar Gula Darah Dapat Terkontrol

Manfaat selanjutnya yang akan diperoleh dari latihan kebugaran jasmani dapat mengontrol kadar gula darah. Ketika berolah raga, tubuh bergerak secara bebas dan sel tubuh akan mengambil beberapa kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

Oleh sebab itu ketika kita sedang berolahraga tubuh akan mengambil kadar gula darah yang mengandung energi. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka kadar gula drah dalam tubuh kita akan tetap stabil.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Kanker merupakan jenis penyakit yang rentan di alami oleh sebagianorang. Hal ini mengharuskan kita untuk menjaga kekebalan daya tahan tubuh agar tidak terkena kanker. Namun anda tidak perlu khawatir, resiko tersebut bisa ditekan dengan cara melakukan latihan fisik demi meningkatkan kebugaran jasmani. Dengan melakukan olahraga dipercaya dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Oleh sebab itu, latihan kebugaran jasmani penting bagi anda untuk membantu mencegah kanker usus besar, paru-paru, perut, kerongkongan, rahim, kandung kemih, dan ginjal.

  1. Mengurangi Stres

Ternyata latihan kebugaran jasmani tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, namun manfaat latihan kebugaran jasmani juga baik dan penting untuk kesehatan mental. Hal ini sangat penting bagi kita, yang mana manfaatnya bisa mengurangi setres akibat berbagai permasalahan yang muncul.

Memang iya tidak dapat menyelesaikan masalah, akan tetapi setidaknya pikiran dan mental menjadi lebih jernih dan siap untuk menyelesaikan masalah yang akan dihadapi. Jika rutin melakukan latihan tersebut manfaat yang akan kita dapatkan adalah mengurangi stres dan meringankan gejala depresi.

  1. Mengurangi Depresi

Manfaat yang terakhir adalah mengurangi stres. Perlu anda ketahui, bahwa orang yang sering atau rutin melakukan olahraga akan cenderung memiliki kesehatan mental dan emosi yang lebih baik dari pada orang yang jarang atau sama sekali tidak olahraga. Selain itu, latihan kebugaran jasmani akan meringankan depresi dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Apabila tubuh kita bisa beristrahat dengan baik, maka tingkat stres akan menurun saat terbangun di pagi hari. Melakukan olahraga yang rutin dapat meningkatkan kadar serototin di dalam darah. Pada umumnya, serototin tersebut akan berkurang pada orang yang menderita depresi. Oleh sebab itu rutin melakukan latihan kebugaran jasmani baik bagi kesehatan mental, sehingga resiko untuk mengalami kesehatan mental akan semakin rendah.

Itulah 5 manfaat bagi latihan kebugaran jasmani untuk kebaikan kesehatan tubuh kita, semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *