Kesehatan

Cara untuk Mengobati Neuropati

Neuropati merupakan sebutan yang umum untuk nyeri ataupun kerusakan di saraf. Kondisi tersebut bisa memengaruhi sebagian bahkan seluruh bagian pada saraf-saraf yang ada pada tubuh. Neuropati bisa disebabkan oleh cedera, saraf terjepit, maupun kondisi medis tertentu. 

Di dunia medis, terdapat lebih dari 100 jenis kerusakan pada saraf, tapi secara garis besar neuropati bisa dibagi jadi 5 jenis, yakni neuropati fokal, otonom, kranial, proksimal, dan perifer. Setiap jenis neuropati tersebut mempunyai penyebab dan gejala yang beda-beda. Tergantung dari seberapa parah kerusakan saraf tersebut, dan untuk pengobatan yang dibutuhkan oleh anda juga akan sangat bervariasi.

Untuk kasus neuropati yang ringan, maka dokter biasanya akan menganjurkan agar pasien beristirahat dengan cukup serta dokter akan meresepkan obat untuk menghilangkan rasa sakit, misalnya seperti obat anti kejang dan anti depresan trisiklik tertentu.

Apa Saja Cara untuk Mengobati Neuropati ?

Dengan mengubah pola gaya hidup atau dengan melakukan pengobatan ala rumahan bisa mengatasi neuropati. Kerusakan di saraf bisa diminimalisir, yaitu dengan cara mengubah gaya hidup serta pengobatan rumahan tersebut.

Cara tersebut bisa membantu dalam mencegah munculnya beberapa gejala neuropati. Selain itu juga kesehatan tubuh anda akan lebih terjaga secara keseluruhan. Anda pun bisa menjalankan gaya hidup sehat serta melakukan pengobatan rumahan seperti yang akan kami jelaskan berikut ini, untuk mengatasi kerusakan saraf.

Olahraga Ringan dengan Rutin 

Dengan melakukan olahraga ringan secara rutin, maka kerusakan di saraf bisa pulih dengan lebih cepat serta anda bisa terhindar dari kondisi mati otot.  Jadi untuk itu sebaiknya anda melakukan olahraga yang ringan-ringan saja, asal dengan teratur.

Berhenti Merokok

 

Cara untuk mengatasi neuropati yang selanjutnya yaitu dengan berhenti merokok. Rokok bisa memengaruhi serta memperburuk beberapa gejala dari neuropati. Maka dari itu, jika anda merupakan seorang perokok aktif, usahakan agar anda bisa berhenti merokok.

Mengurangi Konsumsi Kafein

Di dalam kopi biasanya memiliki kandungan kafein yang bisa menurunkan kualitas tidur Anda. Hal tersebut bisa memperburuk gejala pada keursakan saraf serta bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Jadi sebaiknya anda mengurangi konsumsi kafein agar tidak memperparah neuropati.

Menghindari Alkohol

Selain itu pula dengan mengonsumsi minuman yang beralkohol juga bisa menjadi pemicu pada munculnya kembali gejala-gejala dari neuropati. Jadi, sebisa mungkin anda harus menghindari alkohal demi kesehatan anda.

Mengompres Bagian Tubuh yang Sakit

Jika gejala neuropati muncul serta anda mengalami nyeri pada bagian tubuh tertentu, maka anda bisa mencoba untuk meredakannya yaitu dengan cara mengompres di bagian tubuh yang sedang sakit.

Selian itu pula, bagi anda yang mengalami neuropati maka doker juga akan meminta anda agar melakukan cara-cara berikut ini :

  • Menjga kadar gula darah bagi anda yang mengidap diabetes
  • Memperbaiki kekurangan gizi
  • Mengganti obat jika obat yang anda konsumsi saat ini menyebabkan kerusakan saraf
  • Fisioterapi ataupun operasi agar bisa menangani tekanan atau juga trauma di bagian saraf anda
  • Melakukan pengobatan bagi orang yang dengan kondisi autoimun di tubuhnya

Untuk cara lainnya yaitu tergantung dari jenis serta keparahan cedera, biasanya dokter kemudian akan membahas metode yang berbeda agar bisa memperbaiki saraf serta membuat rencana dalam pengobatan yang cocok untuk anda.

Itulah pembahasan mengenai neuropati dan cara untuk mengatasinya. Semoga pembahasan diatas dapat membantu anda dalam memahami tentang seputar neuropati. Mungkin itu saja yang kami bisa sampaikan. Selamat membaca.

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.