Kesehatan

Inspirasi Menu Idul Adha Sup Sengkel Kambing untuk Daya Tahan Tubuh

Perayaan Idul Adha salah satu momen istimewa yang dinanti umat muslim. Idul Adha juga sangat identik dengan penyembelihan kambing dan sapi. Tak heran jika setiap keluarga muslim yang merayakan akan menghidangkan masakan kambing atau sapi sebagai bahan utamanya.

Dalam momen Idul Adha ini, Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya, Chef Doliez Barmawie berinisiatif untuk membagikan beberapa resep menu olahan kambing melalui siaran langsung di media sosial Instagram.

“Sangat senang bisa dapat berbagi resep, karena dengan begini para penoton mendapatkan referensi menu olahan kambing yang berbeda dari yang sudah pernah ada, sup sengkel kambing yang sehat dan cukup mudah dibuat di rumah. Dapat menambah daya tahan tubuh juga karena sup nya yang hangat dengan isian sayur yang menyehatkan tubuh,” ungkap Doliez Barmawie, dalam keterangan resminya.

Resep yang dibagikan salah satunya adalah Sup Sengkel Kambing. Umumnya olahan kambing banyak menggunakan santan sebagai bahan pelengkap, namun kali ini Chef Doliez membuat sup yang sehat tanpa santan sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, yaitu daging kambing potongan sengkel, wortel, kentang, tomat, dan seledri. Sedangkan bumbu yang digunakan berupa bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, bawang merah, bawang putih dan beberapa bumbu penyedap lainnya.

Tekstur dari sup yang beragam dari bagian sengkel cenderung kenyal sehingga menjadikan sup tersebut menarik dan berbeda dari potongan daging yang lain. Menggunakan rempah dan bahan-bahan yang sehat menjadikan hidangan tersebut sebagai menu yang sehat dan dapat dikonsumsi sebagai penambah daya tahan tubuh.

Menu lainnya yang dibuat adalah Samosa dengan isian daging kambing di dalamnya. Samosa merupakan camilan khas Timur Tengah, proses membuatnya pun juga cukup mudah hanya dengan bahan seperti wortel, kentang, bumbu maderaas kari, bawang bombay, bawang putih, merica, chicken powder, gula, dan garam. Semua bahan tersebut ditumis menjadi satu hingga matang kemudian adonan daging yang sudah dibumbui tadi dimasukkan ke dalam kulit pangsit higga berbentuk segitiga. Kudapan cemilan atau hidangan pembuka ini yang sangat mudah dibuat dirumah sebagai kudapan anggota keluarga.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.