Ketahui Prosedur Pengurusan KTAN Pafi

Ketahui Prosedur Pengurusan KTAN Pafi

Kartu Tanda Anggota Nasional (KTAN) adalah identitas resmi yang dikeluarkan oleh Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) untuk setiap anggotanya. KTAN ini merupaka bukti keanggotaan yang sah dan seringkali dibutuhkan dalam berbagai kegiatan professional yang dilakukan Pafi, diantaranya adalah pelatihan, seminar, workshop dan lain sebagainya yang berhubungan dengan dunia farmasi.

Agar anda bisa memahami tentang KTAN lebih mendalam maka Artikel ini akan membahas prosedur pengurusan KTAN PAFI secara lebih rinci.

Inilah Prosedur Pengurusan KTAN Pafi

Ketahui syarat-syaratnya

Sebelum anda melakukan permohonan Kartu Tanda Anggota Nasional (KTAN) untuk organisasi PAFI, pastikan Anda telah memenuhi beberapa syarat penting. Pertama, pastikan anda telah terdaftar sebagai anggota PAF. Apabila anda masih belum terdaftar maka segera lakukan pendaftaran melalui situs resmi milik PAFI atau dengan mengunjungi langsung kantor cabang PAFI di wilayah Anda seperti daerah Lembata.

Syarat berikutnya, siapkan fotokopi ijazah terakhir untuk menunjukkan kualifikasi Anda di bidang studi farmasi. Ketiga, siapkan pas foto terbaru berwarna dengan ukuran 3 x 4 atau ukuran yang telah ditentukan oleh PAFI. Keempat, siapkan dokumen tambahan seperti fotokopi KTP atau identitas resmi lainnya yang anda miliki.

Selanjutnya, anda perlu mengisi formulir permohonan KTAN yang bisa didapatkan dari situs resmi PAFI atau anda bisa memintanya di kantor cabang terdekat.

Langkah-langkah Pengurusan KTAN

Mengumpulkan dokumen

Langkah pertama setelah anda menyiapkan semua persyaratan dokumen yaitu mengumpukan semua dokumen tersebut yang berupa fotokopi ijazah, pas foto, fotokopi KTP, dan formulir pendaftaran yang telah diisi secara lengkap.

Lakukan pendaftaran secara online

Persatuan ahli farmasi Indonesia telah menyediakan pendaftaran secara online di situs resminya termasuk Pafi cabang di Lembata. Kunjungi situs resmi PAFI Lembata di https://pafilembata.org/. setelah itu cari bagian layanan keanggotaan atau KTAN lalu klik opsi tersebut.

Kemudian akan ditampilkan form pendaftaran, isilah formulir pendaftaran online dengan data yang valid. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran maka langkah selanjutnya adalah mengunggah dokumen yang telah anda persiapkan sebelumnya ke dalam sistem pendaftaran online milik Pafi Lembata.

Membayar biaya administrasi

Setelah anda selesai mengisi formulir dan mengunggah dokumen pendukungnya, langkah berikutnya anda akan diminta untuk membayar biaya administrasi. Pembayaran ini bisa dilakukan dengan metode transfer ke rekening PAFI yang telah ditetapkan.

Apapbila anda telah selesai melakukan pembayaran, simpan bukti pembayaran untuk dijadikan bukti bahwa anda telah melakukan pembayaran.

Verifikasi dan validasi

Tahapan berikutnya yang harus anda lalui dalam mengurus KTAN yaitu verval (verfikasi dan validasi). Setelah semua dokumen dan pembayaran yang anda lakukan diterima, PAFI akan memberifikasi data. Apabila terdapat dokumen yang kurang atau tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan, maka Pafi akan menghubungi anda agar segera dilengkapi.

Mengambil kartu anggota

Apabila semua data telah diverifikasi dan validasi oleh Pafi, maka ini menandakan proses pengurusan KTAN telah selesai, KTAN Anda akan dilakukan proses pencetakan. Anda bisa melakukan pengambilan KTAN langsung ke kantor pusat atau cabang di wilayah anda.

Anda juga kemungkinan akan menerima KTAN melalui POS karena beberapa cabang PAFI juga menawarkan layanan pengiriman kartu anggota melalui pos. perlu diketahui bahwa proses pengurusan KTAN PAFI pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 4 minggu.

Durasi tersebut bergantung pada kelengkapan dokumen yang anda unggah dan kecepatan verifikasi yang dilakukan oleh pihak PAFI. Informasi lebih lanjut tentang Pafi Lembata segera kunjungi  situs resminya di https://pafilembata.org/.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *