Kesehatan

Pengertian, Prosedur, Dan Perawatan Setelah Bleaching Gigi

Sebagian besar orang menganggap bahwa penampilan merupakan hal yang utama dan sangat penting. Oleh sebab itu, banyak orang tidak segan untuk mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan gigi, salah satunya adalah dengan bleaching gigi.

Apa itu bleaching gigi?

Pemutih gigi atau bleaching gigi merupakan salah satu metode memutihkan gigi yang dipercaya bisa mencerahkan dan membuat warna gigi terlihat lebih putih cemerlang dari sebelumnya. Tapi sebenarnya, manfaat bleaching gigi ini tidak efektif untuk semua warna gigi.

Gigi kekuningan lebih mudah putih cemerlang dibandingkan dengan warna kecoklatan pada gigi. Sedangkan gigi yang sebelumnya berwarna keabuan, keunguan, bahkan kebiruan akan susah diputihkan dengan pemutih gigi.

Oleh sebab itu, untuk penggunaan produk pemutih gigi sebaiknya diskusikan dengan dokter gigi supaya memperoleh hasil yang maksimal. Selain itu dokter gigi juga akan merekomendasikan metode lain untuk memutihkan gigi, misalnya dengan veneer gigi.

Hasil warna gigi yang diperoleh tergantung dengan produk pemutih yang digunakan. Selain itu, tergantung pada kondisi gigi, noda yang ada pada gigi, konsentrasi pemutih yang digunakan, durasi waktu, juga sistem pemutihan yang digunakan.

Bagaimana Prosedur Bleaching Gigi?

Bleaching gigi umumnya dilakukan dokter dengan prosedur yang tidak sepenuhnya rumit, namun membutuhkan keahlian untuk menghindari cedera pada gusi. Secara keseluruhan, prosedur ini membutuhkan waktu 60-90 menit.

Berikut ini beberapa langkah untuk bleaching gigi:

  • Sebelum memulai proses, dokter gigi mencatat warna gigi atau medokumentasikan pada bentuk foto sebagai pembanding sebelum dan sesudah pemutihan.
  • Dokter lalu memoles permukaan gigi menggunakan pumice (sejenis batu apung) untuk menghilangkan plak.
  • Pada mulut termasuk bibir, lidah, gusi, dan pipi bagian dalam dilapisi kain kasa supaya gigi tetap kering. Lalu menggunakan retraktor supaya tidak terkena cairan pemutih.
  • Permukaan gigi pada bagian depan dilapisi dengan cairan pemutih. Cairan ini umumnya berbahan hidrogen peroksida atau karbamid peroksida sebagai zat pemutih.
  • Dokter lalu menyinari gigi menggunakan sinar laser untuk mengaktifkan peroksida, untuk membantu proses mencerahkan gigi.
  • Sesudah mengoleskan, biarkan cairan ini melapisi gigi selama 30-60 menit, atau mengoleskan kembali sesekali, tergantung merek produk .
  • Setelah beberapa waktu, bilas gigi dengan membersihkan cairan pemutih dan melepaskan alat retraktor.
  • Lalu dokter mengaplikasikan fluoride untuk membantu meringankan sensitivitas gigi, yang merupakan efek samping dari pemutih.
  • Dokter gigi akan menjadwalkan kunjungan tambahan sampai kecerahan gigi yang Anda inginkan terwujud.

Perawatan setelah Pemutihan Gigi

Setelah selesai melalui prosedur bleaching gigi, dokter akan menyarankan beberapa langkah untuk menjaga gigi tetap putih. Berikut langkah untuk melindungi gigi:

  • Menghindari makanan dan minuman penyebab perubahan warna atau menodai gigi setidaknya selama 24 jam sesudah bleaching. Ini seperti kopi, teh, saus tomat, jus tomat, bit, anggur hitam, permen, dan red wine.
  • Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman manis.
  • Sikat atau membilas gigi setelah mengonsumsi minuman atau makanan penyebab noda.
  • Berhenti merokok untuk membantu mencegah noda serta perubahan warna pada gigi.
  • Sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride dan menggunakan benang gigi untuk menghilangkan plak. Sebaiknya sesudah makan dan sebelum tidur.
  • Menggunakan pasta gigi pemutih 1-2 kali dalam seminggu untuk menghilangkan noda serta mencegah kekuningan pada gigi.
  • Mengunjungi dokter gigi secara teratur, umumnya setiap bulan sekali atau sesering yang mereka rekomendasikan.

Jika Anda tertarik untuk melakukan bleaching gigi, maka harus mencari klinik gigi terbaik. Dan rekomendasi klinik gigi terbaik adalah Satu Dental. Di klinik ini Anda akan mendapatkan layanan bleaching gigi terbaik dengan dokter yang sudah berpengalaman.

Untuk lokasinya, Anda bisa mengunjungi klinik gigi terdekat yang tersedia di beberapa kota seperti di gading serpong, grand galaxy dan bintaro.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *