Perlu Diperhatikan, Ini yang Jangan Dilakukan Orang dengan Sakit Jantung Saat Berpuasa 

Perlu Diperhatikan, Ini yang Jangan Dilakukan Orang dengan Sakit Jantung Saat Berpuasa 

Terhitung beberapa hari lagi umat muslim akan menjalankan ibadah berpuasa selama sebulan lamanya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama berpuasa, khususnya orang yang menderita sakit jantung. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah sekaligus Konsultan Intervensi di Heartology Hospital, dr Adrianus Kosasih SpJP (K) pun bagikan hal yang jangan dilakukan selama berpuasa bagi penderita sakit jantung.

Pertama, terapkan pola makan yang baik seperti karbohidrat yang cukup, dan lengkapi nutrisi lainnya. "Kalau masalah penyakit jantung koroner dengan pompa jantung baik, itu sih sebenarnya mengikuti aturan makan sehat orang pada umumnya," ungkapnya pada media briefing di Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2024). Kedua, kurangi asupan lemah jenuh yang biasanya ada di hewan berkaki empat seperti sapi dan kambing.

Perlu Diperhatikan, Ini yang Jangan Dilakukan Orang dengan Sakit Jantung Saat Berpuasa Tak Perlu Obat, Hindari Sakit Kepala saat Berpuasa dengan 4 Cara Ini Tips Olahraga yang Aman Bagi Orang dengan Penyakit Jantung Selama Berpuasa

Sidang Kasus Narkoba, Eksepsi Tio Pakusadewo Ditolak, Anaknya Sedih Pasien Ginjal Amankah Berpuasa? Ini yang Harus Diperhatikan Penyintas Kanker Ini Bagikan Tips Menjadi Muslimah Bahagia Saat Sakit, Berikut yang Perlu Dilakukan

Dokter Spesialis Sarankan Orang Sakit Jantung Jangan Langsung Minum Air Dingin Saat Berbuka Puasa Jenis Nutrisi yang Perlu Dipenuhi saat Anak Belajar Berpuasa "Sebiasa mungkin karbohidrat dewasa tidak terlalu banyak, protein cukup, lemak jenuh dikurangi.

Lemak jenuh dari hewan seperti sapi, kambing kalau daerah terbuka, beku itu lemak jenuh," jelasnya. Keempat, untuk pasien dalam kondisi pompa jantung yang jelek, maka tidak dianjurkan langsung minum banyak secara sekaligus karena kadang kadang jantung tidak bisa mengatasi sehingga berisiko alami sesak. "Berbeda dengan orang gagal jantung, pompanya jelek sehingga perlu berhati hati dengan cairan.

Pada saat buka minum jangan sekaligus banyak, tapi bertahap," tutupnya. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *