Rokok Bisa Jadi Faktor Tidak Langsung Munculnya Kelainan Tulang, Kok Bisa?

Rokok Bisa Jadi Faktor Tidak Langsung Munculnya Kelainan Tulang, Kok Bisa?

Rokok sudah lama diketahui sebagai sumber berbagai penyakit. Namun siapa sangka, rokok juga bisa menjadi faktor tidak langsung munculnya kelainan tulang. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitas dr. Christa Adriane Tenges Sp. K.F.R.

Rokok mengandung radikal bebas dari zat zat yang berbahaya di dalamnya. Radikal bebas ini bisa menganggu proses pemulihan atau penyembuhan. "Sebenarnya enggak secara langsung. Jadi rokok itu begitu banyak zat zat yang masuk ke dalam tubuh akan mengganggu proses pemulihan," ungkapnya pada siaran Radio Kesehatan, Senin (27/11/2023).

Di sisi lain, keberadaan radikal bebas juga menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tulang. Rokok Bisa Jadi Faktor Tidak Langsung Munculnya Kelainan Tulang, Kok Bisa? Faktor Risiko Genetik Tidak Bisa Dihindari, Tapi Bisa Lakukan Ini Tekan Munculnya Alergi

Alasan Gigi Berwarna Kuning, Bisa Disebabkan Faktor Genetik dan Kelainan Anies Dianggap Langsung Daftar Jadi Anak Buah Prabowo Jika Maju Pilkada DKI, Kok Bisa? Harga Beras Mahal Tapi Petani Tidak Untung, Kok Bisa?

Kini Aset Digital Bisa Ditukar Jadi Emas Asli, Kok Bisa? Begini Penjelasannya Tumor Bisa Muncul di Kelopak Mata, Rokok dan Paparan Sinar Matahari Bisa Jadi Penyebabnya Jenis Gangguan dan Kelainan pada Tulang Manusia

Memang saat seseorang berusia lanjut atau lansia, penyerapan nutrisi ke tulang berkurang. Tidak seperti saat masih muda, makanan yang dikonsumsi langsung diserap oleh tubuh. Situasi ini pun dapat diperparah dengan faktor radikal bebas tadi seperti rokok atau alkohol.

"Atinya radikal bebas dalam tubuh itu lebih banyak. Membuat pembentukan tulang secara tidak langsung akan lebih melambat gitu," pungkasnya. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *