Solusi VIDA White Paper untuk Tantangan Transaksi Digital

Solusi VIDA White Paper untuk Tantangan Transaksi Digital

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini, banyak bidang industri yang sudah menerapkan digitalisasi, tidak terkecuali di dunia bisnis. Namun, dalam perilisannya beberapa waktu lalu, VIDA white paper menyatakan bahwa masih terdapat banyak profesional bisnis yang belum mengetahui ancaman digital, khususnya deepfake. Selain itu, VIDA white paper juga menyebut profesional bisnis masih banyak yang tidak mengetahui cara melindungi perusahaan mereka dari deepfake. Tidak hanya deepfake, tantangan lain dalam melakukan bisnis atau transaksi digital tentunya seding dijumpai.

Cybercrime atau kejahatan siber, termasuk hacking dan phishing merupakan ancaman yang cukup banyak dijumpai. Penjahat siber menggunakan berbagai teknik untuk mencuri informasi pribadi dan finansial pengguna. Menggunakan autentikasi dua faktor (2FA) dan perangkat lunak keamanan terbaru dapat membantu mengurangi risiko ini. Ancaman deepfake yang disebutkan VIDA white paper juga dapat termasuk dalam cybercrime.

Keamanan data pribadi juga menjadi tantangan lain dalam transaksi digital. Banyak pengguna kurang memahami pentingnya melindungi data pribadi mereka. Informasi pribadi yang bocor dapat disalahgunakan untuk pencurian identitas dan penipuan. Penting untuk selalu memverifikasi keamanan situs sebelum memasukkan data pribadi dan menggunakan VPN saat bertransaksi melalui jaringan publik.

Tantangan lainnya dari transaksi digital yaitu kemungkinan adanya malware pada aplikasi atau situs yang digunakan. Malware dapat mencuri informasi sensitif dari perangkat Anda. Menginstal dan memperbarui perangkat lunak antivirus serta tidak mengklik tautan atau lampiran yang mencurigakan dapat membantu mencegah serangan ini.

Kelemahan pada sistem pembayaran digital juga dapat menjadi ancaman dalam bertransaksi. Sistem pembayaran digital terkadang memiliki kelemahan yang dapat dieksploitasi oleh penjahat siber. Memastikan bahwa Anda hanya menggunakan layanan pembayaran yang terpercaya dan terverifikasi dapat mengurangi risiko.

Edukasi bagi pengguna juga penting untuk diterapkan dalam mencegah ancaman saat bertransaksi secara digital. Banyak pengguna tidak menyadari ancaman dan praktik terbaik dalam menjaga keamanan transaksi digital. Edukasi mengenai pentingnya keamanan digital dan cara melindungi informasi pribadi adalah langkah patut diambil.

Seperti yang disebutkan sebelumnya dalam VIDA white paper tentang ketidaktahuan profesional bisnis akan deepfake, VIDA menawarkan solusi berupa VIDA deepfake shield untuk melindungi sistem biometrik. Fitur ini dapat mencegah pemalsuan identitas dan memastikan verifikasi dilakukan oleh orang yang benar.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *