Tekno

Top 3 Tekno Berita Kemarin: Banjir Kalimantan dan KLHK, Lonjakan Curah Hujan DIY

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Sabtu 13 November 2021, diawali dari desakan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) didesak segera meninjau kondisi daerah aliran Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Penyebabnya, banjir akibat luapan sungai itu yang terus bertahan sebulan terakhir.

Lalu, juga soal cuaca intensitas hujan yang belakangan meningkat di Yogyakarta. Perkiraan dari kantor BMKG setempat, curah hujan sepanjang November ini akan berkisar 300 milimeter, dan lebih tinggi lagi pada puncak musim hujan Januari-Februari nanti.

Berita terpopuler ketiga adalah juga soal kewaspadaan, tapi terkait tips menggunakan Virtual Private Network atu VPN gratis dalam mengakses internet. Artikel menyajikan tiga aplikasi VPN gratis itu seperti dikutip dari laman vpnoverview.com.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Sabtu 13 November 2021, selengkapnya,

1. Banjir Sudah Sebulan, KLHK Didesak Turun Cek DAS Kapuas

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) didesak segera meninjau kondisi daerah aliran Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Penyebabnya, banjir akibat luapan sungai itu yang terus bertahan sebulan terakhir.

Banjir tersebar di Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, Sanggau, Ketapang sampai Mempawah. “Apa pemicu banjir di kawasan tersebut, apakah karena sungai yang mendangkal, kondisi hutan di sepanjang DAS Kapuas?” kata Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kalbar 1, Daniel Johan, saat dihubungi di Pontianak, Sabtu 13 November 2021.

Ia mengaku sangat prihatin dengan kondisi banjir yang terjadi di Kalimantan Barat. Intensitas hujan yang tinggi seperti yang sudah diingatkan BMKG sejak awal membuat debit sungai meluap. Dia memperkirakan pula banyak infrastruktur yang rusak dan terputus karena banjir panjang ini.

2. Curah Hujan di Yogya, BMKG: November Ini 300 mm, Februari Nanti Bisa 500

Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 BMKG di Sleman, Yogyakarta, Ikhsan, meminta masyarakat bersiap menghadapi peningkatan signifikan curah hujan periode November 2021 hingga Februari 2022 mendatang. “Curah hujan akan terus meningkat dan masyarakat diharapkan berhati-hati menghadapi berbagai dampaknya,” kata Ikhsan di sela pertemuan dengan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Jumat 12 November 2021.

Ikhsan mengatakan, 60 persen curah hujan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta awal musim hujan, Oktober-November, adalah pengaruh La Nina. Pengaruh diprediksi terus berlanjut hingga Desember 2021 tembus sampai Februari 2022.

Perkiraan BMKG, curah hujan sepanjang November ini akan berkisar 300 milimeter. Memasuki Desember nanti dan Januari 2022, curah hujan bulanan akan naik lagi dan puncaknya pada Februari 2020 sebesar 500 milimeter. BMKG meminta masyarakat, khususnya di Kabupaten Sleman, mampu mengantisipasinya. Termasuk potensi bencana yang akan dipicunya.

3. Tiga Aplikasi VPN Gratis, Apa yang Perlu Diwaspadai?

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah cara aman yang dapat Anda gunakan ketika mengakses internet dengan menggunakan internet lainnya sebagai sarana transmisi paket data secara pribadi. Dilansir dari laman diskominfo.kedirikab.go.id, VPN memungkinkan Anda menghindari kejahatan di dunia siber karena VPN akan membuat identitas Anda menjadi anonim berkat transmisi paket data yang terjadi.

Umumnya, VPN dapat digunakan dengan cara membayar. Tetapi, ada juga VPN yang dapat digunakan tanpa harus membayar. Ada hal yang perlu Anda perhatikan apabila Anda menggunakan VPN gratis. Pasalnya, banyak VPN gratis yang menjual koneksi data pribadi Anda ke pelanggan lain dan mengawasi situs yang Anda kunjungi untuk dijual ke agen pemasar.

Namun, ada juga VPN gratis yang aman untuk Anda gunakan. Ini seperti dilansir dari laman vpnoverview.com.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.