Bisnis

Tunaikan Zakat dengan Mudah dengan Zakat Online

Sucikan diri di bulan fitrah dengan membayar zakat fitrah secara online. Bulan puasa Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Di bulan penuh ampunan ini, seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh.

Selain puasa wajib, umat Islam juga didorong untuk mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, antara lain menunaikan shalat malam/tarawih, bermeditasi, membaca Alquran, dan bersedekah di jalan raya. 

Sedangkan ibadah wajib lainnya selain puasa yang wajib bagi sebagian umat Islam yang mampu adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah adalah salah satu jenis zakat yang wajib atau wajib bagi umat Islam yang mampu membayarnya sebelum Idul Fitri atau akhir bulan suci Ramadhan. 

Pemeluk agama Islam, baik laki-laki maupun perempuan yang mampu, wajib menafkahkan sebagian hartanya sebesar satu sha’ atau setara dengan 2,5 kg makanan pokok, seperti kurma, gandum atau beras.

Zakat fitrah harus dikeluarkan untuk mensucikan harta yang kita miliki, karena semua yang kita miliki di dunia ini adalah bagian dari milik orang lain di dalamnya. Agar tidak lupa atau terlambat dalam membayar zakat fitrah yang harus dikeluarkan. 

Kini aplikasi zakat online memiliki platform pembayaran zakat fitrah online yang bekerjasama langsung dengan beberapa lembaga amil zakat seperti Baznas, NU Peduli-Lazisnu, LAZ AL-Azhar, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan lainnya untuk memudahkan Anda dalam memproses dan menyalurkan kewajiban zakat fitrah Anda.

Anda bisa membayar zakat fitrah secara online melalui aplikasi zakat online. Anda dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja 24/7 di bulan suci Ramadhan dan mendukung berbagai metode pembayaran yang sangat lengkap.

Bagaimana cara membayar zakat fitrah secara online?

Berikut adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk membayar zakat fitrah/maal secara online sebagai beriku:

  1. Buka aplikasi zakat online
  2. Buka ikon zakat
  3. Pilih lembaga/program zakat yang diinginkan
  4. Klik zakat sekarang
  5. Ikuti saja langkah selanjutnya (isi nominal, cara pembayaran, dll)

Siapa yang wajib mengeluarkan zakat fitrah?

Dalam rukun Islam keempat disebutkan bahwa wajib bagi setiap muslim untuk membagikan sebagian hartanya kepada orang yang kurang mampu sesuai dengan ketentuan atau syarak yang berlaku dan diajarkan oleh Rasul dan para ulama setelahnya. 

Dalam islam terdapat dua jenis zakat yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Yang membedakan antara zakat fitrah dan zakat maal adalah waktu pelaksanaannya dan siapa yang wajib membayarnya.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, maupun orang tua yang mampu. Sedangkan zakat maal adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh sebagian umat Islam yang hartanya telah mencapai nishab atau standar terendah yang ditetapkan oleh hukum Islam.

Salah satu zakat yang tidak boleh dilupakan ketika bulan Ramadhan datang adalah zakat fitrah. Zakat yang dikeluarkan setahun sekali sebelum Idul Fitri biasanya diserahkan kepada petugas zakat, sedangkan yang meninggalkan zakat disebut muzakki dan yang kemudian menerima zakat disebut mustahik.

Sebelum membayar zakat fitrah, ada beberapa hal yang harus diketahui. Diantaranya adalah niat zakat, tata cara zakat fitrah dan jumlah zakat yang harus dikeluarkan. Zakat fitrah harus dikeluarkan untuk membersihkan diri dan harta kita.

Nah itulah ulasan mengenai hal zakat online yang bisa anda lakukan dimana saja.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.